Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)



Nama    : Nissaa Arifiani
Kelas     : 1KA20
NPM      : 15116453

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK)

Pengertian IPTEK
      IPTEK adalah akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dimana dari akronim tersebut mempunyai artinya sendir, baik ilmu, pengetahuan, maupun Teknologi. Ilmu dapatlah dipandang sebagai produk, sebagai proses, dan sebagai paradigma etika.
  •  Ilmu dipandang sebagai proses karena ilmu merupakan hasil dari kegiatan sosial, yang berusaha memahami alam, manuisa dan prilakunya baik secara individu atau kelompok.
  • ilmu sebagai produk artinya ilmu diperoleh dari hasil metode keilmuan yang diakui secara umum dan sifatnya yang universal. Oleh karena itu ilmu dapat diuji kebenarannya, sehingga tidak mustahil suatu teori yang sudah mapan suatu saat dapat ditumbangkan oleh materi lain.
  • Ilmu sebagai paradigma ilmu, karena ilmu selain universal, komunal, juga alat meyakinkan sekaligus dapat skeptis, tidak begitu saja mudah menerima kebenaran.


        Istilah ilmu yang dikemukakan di atas berbeda dengan istilah pengetahuan. Ilmu diperoleh melalui kegiatan metode ilmiah atau epistemology. Jadi, epistemology merupakan pembahasan bagaimana mendapatkan pengetahuan. Epistemologi ilmu tercermin dalam kegiatan metode ilmiah. Sedangkan pengetahuan adalah pikiran atau pemahaman diluar atau tanpa kegiatan metode ilmiah, sifatnya dapat dogmatis, banyak spekulasi dan tidak berpijak pada kenyataan ampiris. Sumber pengetahuan dapat berupa hasil pengalaman berdasarkan akal sehat (common sense) yang disertai menoba-coba, intuisi (pengetahuan yang diperoleh tanpa penalaran) dan wahyu (merupakan pengetahuan yang diberikan Tuhan kepada para nabi atau utusan-Nya).

Adapu beberapa definisi ilmu menurut para ahli seperti yang dikutip oleh Bakhtiar tahun 2005 dintaranya adalah :
  •      Mohamad Hatta, mendenifisikan ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan          hukum kuasal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut                      kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunannya dari dalam.
  •      Ralph Ross dan Ernest Van Den Haag, mengatakan ilmu adalah yang empiris, rasional,            umum dan sistematik, dan ke empatnya serentak.
  •      Ashley Montagu, menyimpulkan bahwa ilmu adalah pengetahuan yang disusun dalam satu          sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip        tentang hal yang sedang dikaji.
  •      Harsojo menerangkan bahwa ilmu merupakan akumulasi pengetahuan yang disitematikan            dan suatu pendekatan atau metode pendekatan terhadap seluruh dunia empiris yaitu dunia            yang terikat oleh faktor ruang dan waktu, dunia yang pada prinsipnya dapat diamati oleh                panca indera manusia. Lebih lanjut ilmu didefinisikan salah satu cara menganalisis yang              mengijinkan kepada ahli-ahlinya untuk menyatakan suatu proposisi dalam bentuk :”jika ....          maka”:.
  •      Afanasyef, menyatakan ilmu adalah manusia tentang alam, masyarakat dan pikiran. Ia                    mencerminkan alam dan konsep-konsep, katagori dan hukum-hukum, yang ketetapannya dan      kebenarannya diuji dengan pengalaman praktis.

·               Ilmu pengetahuan menurut Horton, P, B., dan Chester L,H merupakan upaya mencari pengetahuan yang dapat diuji dan diandalkan, yang dilakukan secara sistematis menurut tahap-tahap yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip serta prosedur tertentu sedangkan teknologi adalah penerapan penemuan-penemuan ilmial untuk memecah masalah-masalah praktis.

Ilmu pengetahuan pada dasarnya memiliki tiga komponen penyangga tubuh pengetahuan yang disusun sebagai berikut :
  •       Ontologis, dapat diartikan sebagai hakikat apa yang dikaji oleh pengetahuan, sehingga jelas       ruang lingkup wujud yang menjadi objek pebelaahannya, dengan kata lain ontologis                       merupakan merupakan objek formal dan suatu pengetahuan.
  •       Epistemologis, dapat diartikan sebagai cara bagaimana materi pengetahuan diperoleh dan         disusun menjadi tubuh pengetahuan.
  •       Aksimologis, merupakan asas menggunakan ilmu pengetahuan dan fungsi dari ilmu                     pengetahuan.

Teknologi, teknologi merupakan berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berarti pekerjaan, dan logos. Berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industri. Berikut ini definisi teknologi menurut para ahli:
  •       Menurut Prayitno  dalam Ilyas (2001), teknologi adalah seluruh perangkat ide, metode,             teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu maupun                 memenuhi kebutuhan manusia.
  •       Menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu prilaku produk, informasi dan                     praktek-praktek baru dan belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan           oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong                 terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
  •       Menurut Jasques Ellul memberikan arti teknologi sebagai “keseluruhan metode yang               secara rasional mengarah dan memilikiciri efesien dalam setiap bidang kegiatan                           manusia”Pengertian teknologi secara umum adalah :
1.       Proses yang meningkan niali tambah.
2.       Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.
3.       Struktur atau sistem dimana proses dan produk itu dikembangkan dan gunakan.
  •       Menurut Iskandar Alisyahbana, teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang           lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman. Lebih makmur dan lebih sejahtera.             Sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum             digunakan”. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk         memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan                         memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera dan             otak manusia.
  •       Wikipedia.org mendefinisikan teknologi merupakan perkembangan suatu media / alat yang       dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah.


Perkembangan IPTEK pada saat ini
      Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digunakan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.

        Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.

        Bagi mansyarakat sekarang. Iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Semantara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberikan umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manuisa. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir manusia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan.

Dampak Positif dan Negatif dari Perkembangan Teknologi
·       
        Bidang Informasi dan Komunikasi
                   Dampak positifnya antara lain :
1      Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akuran dan terbaru dibumi bagian manapun melalui internet.
2      Kita dapat berkomunikasi dengan teman. Maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalu handphone.
3      Kita mendapatkan layanan bank yang sangat mudah dll
Dampak negatif antara lain :
1.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
2.       Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat diinternet yang bisa    disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
3.     Kerahasiaan alat tes semakin terancam memlalui internet kita dapat memperoleh  informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi  secara langsung dari internet.
4.    Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus , kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah berbagai contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modern internet karena disambar petir.
·     
         Bidang Ekonomi dan Industri
                   Dampak positif antara lain :
1.     Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
2.     Terjadinya industrialisasi.
3.     Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada jenis aspek jenis produksi. Invertasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkat produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang akan memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga palayanan dapat dilaksanakan secara langsung  dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4      Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang dihasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5.     Di bidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produksi kedokteran menjadi komoditi meskipun demikian ada pula dampak negatifnya diantaranya lain: terjadinya pengangguran tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan, sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan , konsumtif boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

·         Bidang Sosial dan Budaya
                   Dampak positif antara lain :
1.     Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam bukum Megatrend for Women : From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdence & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, manteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2.     Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3.    Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pkerja keras.
      Dampak negatif antara lain :
1.     Kemerosotan moral dikalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagai warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
2.     Kenakalan dan tidak menyimpang di kalangan remaja semankin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong-royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat bisa dilihat bersama, kenakalan dan tidak menyimpang dikalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, coret-coret, pelanggaran lalulintas dampai kejahatan.
3.     Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah keatas mengubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telepon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubunagn dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
·          
        Bidang Pendidikan
                   Dampak Positif antara lain :
1.     Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2.     Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam pemprose pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3.    Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dll.
       Dampak Negatif antara lain :
1.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah seklai bocor, dan pengembangan psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran mellaui internet tersebut.
2.    Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan dibidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perkembangan dll.
·        
         Bidang Politik
                    Dampak yang ditimbulkan antara lain:
1.    Timbulnya kelas menengah baru pertumbuhan teknologi dan ekonomi dikawasan ini akan mendorong munculnya kelas menegah baru. Kemampuan, ketrampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negara Barat.
2.    Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan subtansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kuat.
3.    Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tubuh berkembangannya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.
Kesimpulannya adalah kemajuan teknologi sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Dampak Iptek Terhadap Masyarakat dan Budaya Setempat
·       
  •        Perubahan Tata Nilai

Berbagai penemuan teknologi telah membawa perubahan yang begitu cepat dalam tata kehidupan masyarakat. Perubahan itu antara lain cara orang bekerja, gaya hidup, dan tata nilai masyarakat. Berbagai penemuan dan penerapan telah membuka fase industrialisasi. Teknologi dan industrialisasi cenderung mempercepat tempo kehidupan, pengangkutan serba cepat, dan komunikasi secara kilat. Ciri manusia industralisasi akan sangat ketergantungan pada produk teknologi.ketergantungan ini telah mendorong pada pilihan-pilihan yang terkait dengan reward (keuntungan) dan cost(biaya). Akibatnya, ketergantungan manusia terhadap sesamanya samkin berkurang. Muncullah tata nilai budaya yang individual materialistik.
  •       Adanya Kesenjangan Sosial

Perkembangan industri dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja. Tetapi juga memunculkan kesenjangan sosial di masyarakat. Munculnya kelompok masyarakat pemilik modal yang kaya bahkan konglomerat, tetapi juga ada kelompok masyarakat yang tidak memiliki keterampilan. Mereka yang tidak teknologi akan semakin ketinggalan dan hidup miskin. Terjadilah jurang perbedaan yang begitu dalam serta antara si kaya dan si miskin. Hal ini dapat mendorong kecemburuan sosial dan kerawanan keamanan.
  •       Merosot dan Rusaknya Lingkungan Alam

Akibat dari semakin meningkatnya jumlah penduduk, dan penerapan Iptek yang berkurangbijaksana telah menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan alam. Beberapa masalah lingkungan yang berkaitan dengan merosot dan rusaknya lingkungan alam :
1.    Kemerosotan Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Alam itu terjadi antara lain karena pemanfaatan lingkungan alam yang berlebihan melampui kemampuan, sehingga alam itu sulit dipulihkan. Hal ini telah mendorong berbagai praktek teknologi yang mengekploitasi sumber daya alam secara kurang bertanggung jawab.
2.    Pencemaran oleh Limbah dan Bahan barbahaya. Terjadinay penceraman pada berbagai sumber daya alam yang telah menurunkan fungsi dari sumber alam, seperti air, udara, tanah, dan bahan makanan. Pencemaran ini disebabkan oleh limbah, terutama dari kawasan industri. Yang paling dikhawatirkan alah penggunaan bahan kimia yang berbahaya.
3.    Meningkatnya Lapisan Gas CO2 dan Kenaikan Suhu Bumi. Akibat adanya dampak kamar kaca telah menyebabkan menebalnya lapisan gas CO2 yang menyelubungi bumi. Gas ini berasal dari penggunaan energi minyak, batu bara, dan gas. Panasnya gas yang menyelimuti bumi bisa berakibat meningkatkan suhu bumi atau iklim.
4.    Adanya Hujan Asam. Industri,khususnya pengeboran logam, pembangkit listrik batu bara dan penggunaan energi minyak,batu bara dan gas telah mengeluarkan berton-ton SO2,NO2 dan CO2. Hal ini akan mengakibatkan turun hujan yang asam.air hujan dengan kadar keasaman yang tinggi itu akan merusak hutan, menyebabkan berkaratnya benda-benda logas (jembatan,rel). Bahkan bangunan dari beton, marmer menjadi cepat rusak.
5.    Lubang Lapisan Ozon. Lapisan tipis ozon (03) pada ketinggian +-km diatas bumi talh makin menipis. Bahkan dibeberapa tempat telah menjadi rusak(berlubang). Padahal lapisan ozon berfungsi menahan 99% dari radiasi sinar ulta violet yang berbahaya bagi kehidupan. Lapisan ozon ini rusak karena bahan kimia, gas penyemprot minyak wangi, dan mesin pendingin. Akibat rusaknya lapisan ozon dapat menimbulkan kanker kulit, kerusakan mata, dan kerusakan tanaman budidaya.
6.    Adanya Bencana Alam Banjir. Bencana alam terjadi karena ulah manusia yang tidak peduli dengan kelestarian lingkungan. Hanya karena ingin mengejar keuntungan, maka manusia telah melakukan penebangan hutan tanpa terkendali. Demi kepentingan bisnis, daerah-daerah jalur hijau berubah menjadi berbagai bangunan.
  •        Kekhawatiran Manusia terhadap Persenjataan Kimia dan Nuklir

Perkembangan iptek tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan persenjataan canggih, termasuk senjata kimia dan nuklir. Hal ini dapat membahayakan manusia.
  •        Berkembangnya Kenakalan Remaja dan Kriminalitas

Perkembangan dan penerapan iptek telah mendorong terjadiny globalisasi. Dengan berbagai macam media, setiap orang termasuk para remaja mudah kena pengaruh nilai budaya lain, termasuk tingkah laku kekerasan. Media massa dan terutama televisi disebut-sebut sebagai salah satu media yang sangat besar pengaruhnya, khususnya bagi remaja dan manusia pada umunya. Munculnya kenakalan remaja antara lain karena ada pengaruhdari luar melalui media massa termasuk film-film di televisi. Begitu juga berbagai bentuk kriminalitas juga dipengaruhi media massa.

Faktor-faktor penyebab terjadinya kemiskinan
  •        Pengangguran

Semakin banyak pengangguran, semakin banyak pula orang-orang miskin yang ada disekitar. Karena pengangguran atau orang yang menganggurtidak bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal kebutuhan setiap manusia itu semakin hari semakin bertambah. Selain itu pengangguran juga menimbulkan dampak yang merugikan bagi masyrakat, yaitu pengangguran dapat menjadikan orang biasa menjadi pencuri, perampok, dan pengemis yang akan meresahkan masyarakat sekitar.

  •        Tingkatnya pendidikan yang rendah

Tidak hanya keterampilan, ilmu pengetahuan, dan wawasan yang lebih, masyarakat tidak akan ammpu memperbaiki hidupnya menjai lebih baik. Karena dengan pendidikan masyarakat kita bisa mengerti dan memahami bagaimana cara untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia. Dengan belajar, orang yang semula tidak bisa menjadi biasa, salah menjadi benar dsb, maka dengan tingkat pendidikan yang rendah masyarakat akan dekat dengan kemiskinan.

  •        Bencana Alam

Banjir, tanah longsor, gunung meletus dan tsunami menyebabkan gagalnya panen para petani, sehingga tidak ada bahan makanan untuk dikonsumsi san dijual kepada penadah atau koperasi. Kesulitan bahan makanan dan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak dapat terpenuhi.

Solusi untuk menekan angka kemiskinan
  •       Pemerintah harus menyediakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan, agar dapat membantu         masyarakat dalam memecahkan masalah kehidupan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari         anggota keluarga.
  •       Jangan menjadi pemalas! Selain pemerintah, masyarakat juga harus ikut adil dalam                       mensejahterakan kehidupan. Apabila masih belum ada lowongan pekerjaan, masyarakat bisa       menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,lebih bagus jika lapangan pekerjaan buatan snediri         itu bisa menampung orang lain untuk manjadi kariawan kita.
  •       Bantuan pendidikan dan kursus gratis dari pemerintah kepada masyarakat kurang mampu             agar dapat melanjutkan sekolahnya tanpa bingung soal biaya. Kursus menjahit, memasak             untuk ibu-ibu atau bapak-bapak, serta menyediakan fasilitasnya, seperti mesin jahit, para             bapak dan itu tersebut bisa langsung mempraktikan keahliannya di lingkungan dimana                   mereka tinggal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Pokok Kehidupan Manusia menurut C. Kluckhonh

KEBUDAYAAN BANGSA TIMUR

Prasangka , Diskriminasi dan Etnosentrisme