Pengetian Waze dan Cara Menggunakannya



MAKALAH APLIKASI WAZE





NAMA                                   : NISSAA ARIFIANI
NPM                                       : 15116453
KELAS                                  : 3KA20
MATA KULIAH                  : PENGETAHUAN TEKONOLOGI SISTEM CERDAS








UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AJARAN 2018/2019








Pengertian Waze


Waze adalah sebuah perangkat lunak navigasi gratis untuk telepon genggam (Handdphone) dan Tablet PC yang memiliki GPS. Saat ini waze mendukung perangkat dengan iOS (iPhone/iPad), Android, Windows Mobile, Symbian dan BlackBarry.
Berbeda dengan Perangkat lunak navigasi umumnya, Waze memberikan informasi dan peta berdasarkan masukan komunitas pemakainya. Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi, bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya.
Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.
Jadi biasa dikatakan, aplikasi Waze ini sangat membantu  dan  bermanfaat pada kehidupan manusia. Diharapkan dapat menjadi acuan dan sumber dalam pembelajaran mengenai ilmu komunikasi. Oleh karena itu saya membuat  makalah  ini  untuk  menjelaskan pengertian, cara menggunakan, dan perbedaan perangkat lunak navigasi Waze dengan Perangkat lunak navigasi lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa mencari rute lokasi tertentu berdasarkan kategori yang ada pada menu tersebut. Kategori yang disediakan antara lain pom bensin, tempat parkir, bank atau ATM, bengkel, dan semua kategori yang memang sering Anda cari dan butuhkan. Ini tentunya sangat membantu karena terkadang penduduk kota besar cenderung tidak tahu sebuah alamat dan rute sebuah tempat secara persis.

     
Cara Menggunakan Waze          

  • Cara menggukana aplikasi waze yang utama adalah pastikan terlebih dahulu bahwa telepon  genggam (Handphone) anda terinstal aplikasi waze.
  •  Lalu buka aplikasi Waze, klik “Menuju ke?”. Langsung tentukan lokasi yang akan dituju.
  •   Lalu klik mulai dan silahkan ikuti rute yang ditentukan Waze.
  • Keika sampai akan muncul seperti ini.
  •   Anda bisa membagikan gambar tempat yang anda tuju, dan bisa mendapat poin.

 Kelebihan dan Kekurangan Waze

     1.     tampilan yang menarik dan sudah tersedua option.
     2.     Bisa menunjukan kecepatan kendaraan.
     3.     Menunjukan jarak yang akan ditempuh.
     4.     Menunjukan perkiraan waktu tempuh menuju tujuan.
     5.    Memberitahu apa yang terjadi didepan kita, misalnya : kecelakaan dan kemacetan.
     6.     Bisa di bagikan ke Facebook, Twitter, dll.
     7.     Jalur yang dilalui bisa di lacak melalui google account.

Kekurangan       
     1.     Masih sering di temukan nama jalan yang belum tertera namanya contoh :"Tanpa Nama”.
     2.     Waze belum bisa membedakan jalan yang tercepat dan terpendek.
     3.     Jika malam hari tidak terdeteksi apakah jalan yang akan di lalui ramai atau sepi.
     4.     Tidak ada foto trafic dari polisi lalu lintas yang telah dipasang CCTV.

                  
Keuntungan menggunakan Waze

  • Traffic Jam, melaporkan kemacetan pada lokasi Anda. Tingkat kemacetannya bisa dilaporkan dalam tiga tingkat: moderate, heavy, atau standstill.
  • Police, melaporkan bahwa ada polisi yang terlihat ataupun tersembunyi di lokasi Anda.
  • Accident, melaporkan kecelakaan besar (major accident) atau kecelakaan kecil (minor accident) di lokasi Anda.
  • Hazard, melaporkan adanya kerusakan atau masalah pada jalan (on road) atau bahu jalan (shoulder), atau cuaca buruk pada lokasi Anda.
  • Camera, melaporkan bahwa ada kamera CCTV untuk menangkap kecepatan (speed), kamera pada lampu merah (red light), dan kamera palsu (fake).
  • Closure, melaporkan adanya penutupan jalan. Anda bisa melaporkan secara detil arah jalan mana yang ditutup, dan sistem Waze akan menyimpannya dan menyesuaikan pembuatan rute mereka.
Ya, laporan yang Anda bisa berikan sangatlah detil. Sebagian pilihan laporan tersebut bahkan bisa disertakan informasi apakah kejadian yang dilaporkan terjadi di ruas jalan Anda atau ruas jalan lainnya, memasukkan teks, dan bahkan memasukkan gambar (jika Anda memang sempat melakukannya). Selain itu, Anda juga bisa melaporkan masalah peta pada Waze, dan juga mengajak pengguna lain chatting. Tapi saya ragu Anda mau membahayakan hidup Anda dengan chatting di saat berkendara.
Untuk melihat laporan-laporan yang ada di jalan ini, Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan melihatnya langsung pada peta. Yang kedua adalah melihatnya pada menu “report” (pada pilihan menu, bukan pojok kanan bawah aplikasi). Dalam menu ini Anda bisa melihat semua laporan yang ada di sekitar Anda, atau hanya laporan yang ada di rute yang Anda tempuh.
Selain fitur utama tersebut, pada peta Waze, tiap pengguna akan tampak seperti bubble lucu dengan roda seperti yang ada pada logo Waze. Untuk awal, Anda hanya bisa memperlihatkan diri Anda sebagai Baby Wazer. Tapi, setelah berkendara sejauh total 160 km, Anda akan bisa mengubahnya sesuai dengan pilihan mood yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa mengumpulkan poin dengan memenuhi tantangan yang ada.

            
Perbedaan Waze dengan Google Map.

  • Google maps menampilkan semua bentuk transportasi sedangkan waze lebih   terfokus untuk menampilkan informasi navigasi yang bagus bagi pengemudi kendaraan bermotor seperti fitur live report dari pengguna aplikasi contohnya kemacetan.    
  • Dengan google maps, tidak peduli pengguna mengemudi, bersepeda atau berjalan kaki. Google maps akan menawarkan informasi yang intuitif untuk membantu pengguna aplikasi mencapai tempat yg dituju.
  • Google maps menyediakan informassi mengenai tempat-tempat menarik seperti hotel, restoran, wisata atau hiburan lainnya. Google maps juga akan menunjukan seberapa jauh lokasi yang dituju. Hal ini dapat menjadi penting ketika waktu adalah hal penting bagi pengguna karena dapat menjadwalkan waktu pengguna lebih baik.
  • Dengan Waze, pengguna bisa mendapatkan informasi yang jelas tentang kapan pengguna mungkin mencapai tujuan , tetapi aplikasi ini tidak akan menawarkan informasi yang sangat berguna tentang bagaimana kondisi jalan yang mungkin mempengaruhi waktu perjalanan pengguna.
  • Google Maps memiliki desain yang lebih intuitif dibandingkan dengan Waze. Untuk pengguna pertama kali, Waze mungkin tampak sedikit rumit. Dengan Google Maps, bahkan pemula dalam penggunaan aplikasi navigasi akan tahu jalan di aplikasi tanpa banyak kesulitan.
  • Google maps adalah menawarkan lokasi travel untuk tiap orang mengunjungi temapt-tempat yang belum didatangi sebelumnya. Keseluruhan antarmuka yang mudah digunakan ditawarkan dengan peta yang dengan kualitas bagus ke semua tempat bukan hanya rute mengemudi. Membuat Google Maps lebih cocok untuk perjalanan.
  • Waze lebih baik untuk real-time update lalu lintas. Waze memiliki banyak informasi dari pengguna lain di jalan sehingga pengguna terus update dengan pemberitahuan tentang kemacetan lalu lintas dan kecelakaan yang dapat memperlambat. Waze juga lebih baik di rerouting driver untuk menghindari kemacetan. Google Maps mulai mengimplementasikan beberapa fitur tersebut juga, tetapi Waze masih melakukan pekerjaan yang lebih baik  dalam mengarahkan pengguna dengan cepat.
  • Add-On yang disukai oleh pengguna Waze adalah fitur pelacakan polisi. Sehingga pengguna mengetahui keberadaan polisi, dan dapat menghindari area-area tertentu.  
  •  Dalam pemakaian data dan memori, Waze lebih banyak data dan memori yang dipakai.
  • Dari perbandingan diatas, Google Maps lebih diunggulkan dengan tampilan yang lebih simpel dan praktis sehingga pengguna yang baru pun dapat memahami navigasi dari Google Maps tersebut. Sedangkan Waze lebih menititik beratkan kepada penyajian informasi kemacetan lalu lintas (real-time updates) sehingga berguna untuk menghindari titik-titik mecetan di area tertentu. Kembali lagi kepada kebutuhan Anda akan sebuah aplikasi navigasi.


Kesimpulan

  • Waze adalah Aplikasi Perangkat Lunak Navigasi semacam GPS untuk membantu dalam menentukan arah menuju Tujuan / tempat lokasi Perjalanan.
  • Waze masih dikategorikan Aplikasi Bayi  karena tidak tersedianya fitur fitur yang lengkap.   
  • Google Map masih jauh lebih unggul dari pada Waze.

sumber : https://id.techinasia.com/waze-bantu-anda-atasi-kemacetan-dengan-laporan-realtime-review

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Pokok Kehidupan Manusia menurut C. Kluckhonh

KEBUDAYAAN BANGSA TIMUR

Prasangka , Diskriminasi dan Etnosentrisme