Ilmu Budaya Dasar & Prof.DR.Harsya Bachtiar




Nama    : Nissaa Arifiani
Kelas     : 1KA20
NPM      : 15116453

Ilmu Budaya Dasar

Pengertian Ilmu Budaya dasar

       Ilmu budaya dasar sualtu ilmu yang mempelajari dasar-dasar dan pengertian konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan mempelajari The Humanites diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Secara umum pengertian kebudayaan adalah suatu jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan:
          
       1.    Kebudayaan yang terdapat umat manusia yang beragam.
       2.    Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran.
       3.    Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi &              Kebudayaan yang terdapat umat manusia yang beragam.  
       4.    Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat                    istiadat, budaya daerah dan budaya nasional.

       Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional.
Untuk mengetahui ilmu budaya dasar sebagai kelompok ilmu pengetahuan oleh 

Prof.Dr.Harsya Bactiar yang mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :
·       
  •           Ilmu-ilmu Alamiah (Natural science)  ilmu yang bertujuan mengetahui keteraturan hukum yang terdapat dialam semesta ini, ilmu ini menentukan analisis dari 100% salah, kelompok ilmu alamiah yaitu :astronomi, fisika, biologi, kedokteran, dan mekanik.
  •       Ilmu-ilmu sosial (social science) ilmu yang mempelajari interaksi/hubungan antara manusia. Dan ilmu ini tidak mungkin 100% benar, hampir mendekati kebenarannya, kelompok ilmu sosiologi yaitu: sosiologi, polotik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum.
  •      Pengetahuan Budaya (the humanities) pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Dalam hal ini, metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik digunakan dan kemudian  diberi arti. Pada umumnya semua itu terdapat tulisan-tulisan dan tidak ada sangkut-pautnya dengan metode yang bersifat ilmiah.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

      Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidaak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi ilmu budaya dasar sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sediri.
       Tujuan utama mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk menjangkau tujuan tersebut ilmu budaya dasar diharapkan dapat:

       1.    Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka            lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan              profesi mereka.

       2.    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka              tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka            terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

       3.    Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu            sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akdemisi diharapkan akan lebh          lancar dalam berkomunikasi.


       Kesimpulannya tujuan ilmu budaya dasar secara umum adalah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang timbul dalam lingkungan, khususnya gejala-gejala yang berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan, agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Pokok Kehidupan Manusia menurut C. Kluckhonh

KEBUDAYAAN BANGSA TIMUR

Prasangka , Diskriminasi dan Etnosentrisme